Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini

Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini

Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini –  Youtube dewasa ini menjadi salah satu media sosial dan platform berbagi video yang cukup digandrungi oleh masyarakat.

Tidak hanya dari generasi muda, anak-anak usia prasekolah hingga lansia diketahui banyak yang mengunjungi situs ini untuk melihat berbagai video yang ada disana. Tidak hanya sebagai media hiburan, Youtube juga memiliki beragam video edukasi mengenai hampir seluruh topik yang ada di dunia.

Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini

Tak mengherankan jika semua kalangan merasa cocok dan kegandrungan dengan suguhan yang diberikan oleh situs tersebut. Disamping itu, Youtube ternyata tidak hanya menjadi sumber untuk menonton video secara online. Pengguna internet juga dapat mengunggah video pada platform tersebut sehingga bisa ditonton oleh para pengikutnya.

Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini

Bahkan, pemilik akun Youtube atau biasa disebut Youtuber mampu meraup uang hingga ratusan juta Rupiah melalui upload video di situs tersebut. Caranya adalah dengan memonetisasi akun Youtube dan membiarkan iklan muncul saat video yang diunggah ditonton oleh pengunjung Youtube.

Meski begitu, untuk bisa menjadikan Youtube sebagai profesi dan menghasilkan uang memerlukan proses yang tidak mudah. Untuk itu, bagi Anda yang penasaran bagaimana Youtuber bisa mendapatkan uang melalui Youtube, berikut adalah bocoran caranya.

Pahami Dulu Makna Monetisasi

Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini

Sebelum membahas tentang cara monetisasi Youtube, perlu dipahami dulu makna dari istilah tersebut. Monetisasi merupakan proses tentang bagaimana video Youtube dapat menghasilkan uang pada pengunggahnya. Monetisasi Youtube dapat terjadi karena platform tersebut akan menyisipkan iklan di tengah video sedang ditonton oleh pengikutnya.

Namun, perlu popularitas dan jumlah penonton yang tidak sedikit agar pihak Youtube bersedia menyisipkan iklan pada video yang diunggah dan memonetisasinya. Jadi, tidak serta merta semua video di Youtube dapat menghasilkan pundi-pundi Rupiah bagi pengunggahnya.

Cara kerja dari monetisasi Youtube ini bukan tanpa alasan. Setiap pihak yang menaruh iklan pasti mengharapkan jangkauan yang luas dari audiens untuk meningkatkan popularitasnya. Oleh karena itu, pihak Youtube hanya akan menyisipkan iklan pada akun yang rajin mengunggah video dan memiliki jumlah view atau penonton yang banyak saja.

Saat suatu akun memiliki jam tayang dan jumlah penonton membludak, pihak Youtube pasti akan mendapatkan untung bisnis berlimpah dari para pengiklan. Uang yang didapatkan dari para pengiklan inilah yang nantinya akan dibagikan kepada para content creator.

Syarat Kreator Video Bisa Memonetisasi Akun Youtubenya 

Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk bisa memonetisasi Youtube bukanlah suatu perkara yang mudah. Selain mampu menyuguhkan beragam konten menarik setiap harinya, Youtuber juga harus menaati syarat atau aturan yang dibuat oleh Youtube sendiri.

Jika diketahui tidak sesuai atau melanggar, bukan tidak mungkin Youtuber akan kehilangan kesempatan untuk memonetisasi akunnya. Jadi, meski memiliki jumlah penonton banyak, saat syarat dan ketentuan ini tidak terpenuhi, pihak Youtube tidak akan menyisipkan iklan pada video yang diunggah.

  1. Ikuti Segala Ketentuan dan Kebijakan Fitur MonetisasiSyarat pertama adalah mengikuti segala ketentuan serta kebijakan dari fitur monetisasi Youtube. Ketentuan dan kebijakan yang dibuat pun beragam. Untuk lebih jelasnya, bisa melihat terms and conditions pada situs Youtube langsung.
  2. Tinggal di Wilayah Youtube PartnerSyarat yang kedua adalah pemilik akun harus tinggal di wilayah atau negara yang termasuk sebagai kawasan dari program Youtube Partner. Untuk syarat ini, Indonesia sudah termasuk sebagai negara yang berada pada lingkup program Youtube Partner tersebut.
  3. Memiliki Jam Tayang Minimal 4000 JamSelanjutnya, untuk bisa memonetisasi akunnya, Youtuber harus telah mengunggah video dan memiliki jam tangan paling tidak 4000 jam. Jumlah jam tayang tersebut harus bisa didapatkan dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Jadi, saat jam tayang dari seluruh video yang diupload kurang dari 4000 jam, maka Youtuber tidak akan bisa mendapatkan uang dari Youtube.
  4. Jumlah Subscriber Minimal 1000Syarat yang keempat adalah channel Youtube harus telah memiliki pengikut atau subscriber sebanyak 1000. Tentunya, kualitas dan jenis konten yang ditawarkan memengaruhi potensi akun Anda bisa mendapatkan banyak subscriber. Jadi, pastikan video yang diupload ke Youtube berkualitas sehingga dapat menarik minat pengguna situs tersebut.

Tahapan Mengaktifkan Fitur Google AdSense

Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini

Syarat yang terakhir agar bisa memonetisasi Youtube adalah dengan mengaktifkan fitur Google AdSense. Tanpa mengaktifkan fitur ini, tidak mungkin Youtube akan bisa menyisipkan iklan pada video yang diunggah meski semua syarat monetisasi telah dipenuhi.

Untuk bisa mengaktifkan fitur Google AdSense, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tidak sulit, fitur Google AdSense bisa diaktifkan dengan:

  1. Mengklik ikon channel Youtube yang ada di bagian pojok kanan atas layar.
  2. Setelah itu, masuk ke menu “Creator Studio” dan klik menu Channel yang ada di bagian sebelah kiri.
  3. Klik menu “Status and Features” dan klik enable pada pilihan “monetization”.
  4. Setelah semuanya dilakukan, pemilik akun hanya tinggal mengikuti perintah yang tercantum pada laman yang muncul.

Jika pengajuan Anda ditolak saat pertama kali mengaktifkan fitur Google AdSense karena belum memenuhi syarat dan kebijakan monetisasi. Anda tidak perlu khawatir karena setiap Youtuber bisa mengajukan fitur tersebut kembali asal masih berada pada rentang waktu kurang dari 30 hari pasca pengajuan monetisasi.

Cara Mendapatkan Uang Sebagai Youtuber

Setelah fitur Google AdSense dipastikan aktif, Youtuber perlu mengetahui tentang bagaimana cara untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube. Berdasarkan aturan di tahun 2019, terdapat beberapa cara bagi Youtuber untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube. Jadi, sumber pendapatannya bukan cuma dari iklan yang disisipkan pada video saja.

  1. Google AdSenseCara pertama untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube tentunya adalah melalui Google AdSense. Semakin banyak iklan yang muncul pada video, akan semakin banyak pula pendapatan yang akan diberikan oleh Youtube. Bahkan, kebanyakan Youtuber mendapatkan “upah”nya melalui fitur iklan tersebut.
  2. Mengikuti Program MembershipSelain itu, Youtuber juga bisa mendapatkan uang dengan melakukan program membership channel. Meski kebanyakan Youtuber membebaskan bagi siapa saja untuk bisa menjadi subscriber, Youtuber membebaskan content creator untuk menarik biaya bagi siapa saja yang ingin menjadi pelanggan.

    Saat mengaktifkan fitur membership, Youtuber akan mendapatkan sejumlah uang dari para subscribernya setiap bulannya. Syarat untuk bisa mengaktifkan fitur ini adalah pemilik akun Youtube harus berusia paling tidak 18 tahun dan memiliki setidaknya 30 ribu subscriber. Jika syarat tersebut terpenuhi, fitur membership bisa diaktifkan pada menu ”Membership” di akun Anda.

  3. Menawarkan MerchandiseCara selanjutnya adalah dengan menawarkan merchandise di video yang diunggah. Fitur untuk berjualan ini dapat diaktifkan saat jumlah subscriber mencapai 10 ribu orang.

    Untuk mengaktifkan fitur merchandise, Anda bisa mengklik menu “Monetization” dan mengaktifkan pilihan “Merchandise”. Setelah itu, akan muncul petunjuk yang harus diikuti. Dengan begitu, fitur merchandise ini akan aktif dan Anda dapat menawarkan produk yang ingin dijual kepada para penonton dan subscribernya.

  4. Mengikuti Program Youtube PremiumTerakhir, Anda bisa mengikuti program Youtube Premium. Bagi yang belum tahu, Youtube Premium merupakan program khusus milik Youtube yang mengharuskan penggunanya membayar sejumlah uang agar bisa menonton konten videonya. Nah, bagi Youtuber yang mengaktifkan fitur Premium ini akan mendapatkan bayaran melalui biaya yang dibayar oleh pengguna Youtube Premium.

Cara Mengambil Uang dari Monetisasi Akun Youtube

Ingin Menghasilkan Uang Secara Online? Ikutilah Cara Monetisasi Youtube Berikut Ini

Nah, setelah berhasil mendapatkan uang dari Youtube, Anda tentu perlu mengetahui tentang bagaimana cara memasukkan uang tersebut ke saldo rekening. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melakukan verifikasi pada fitur Google AdSense yang telah didaftarkan pada akun Youtube.

Saat akun Youtube telah terverifikasi fitur Google AdSensenya, maka pemilik akun tersebut bisa mengambil uang dari hasil monetisasi. Proses verifikasi dapat dilakukan dengan cara memasukkan PIN yang akan diberikan langsung oleh perwakilan dari pihak Google. Namun, setelah itu, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui oleh Youtuber.

Tahapan yang pertama adalah masuk ke akun Google AdSense yang sesuai dengan alamat email serta kata sandi yang didaftarkan. Setelah itu, klik Pengaturan lalu pilih “Setelan”. Di laman tersebut, pilih menu “Informasi Akun” yang berada di bagian kiri.

Kemudian, klik menu “Verifikasi Alamat” dan masukkan PIN yang sudah didapatkan dari perwakilan pihak Google. Dengan melakukan semua tahapan tersebut, pemilik akun dapat menuliskan informasi mengenai rekening yang akan menjadi tujuan pengiriman pendapatan dari monetisasi akun Youtube.

Pengiriman uang oleh pihak Youtube akan dilakukan setiap tanggal 21 sampai 26 setiap bulannya. Jadi, sebagai Youtuber, hasil jerih payah membuat konten dan video di platform tersebut bisa didapatkan setiap di penghujung bulan.

Youtube Cocok untuk Dijadikan sebagai Pekerjaan Sampingan

Dengan kepopuleran situs Youtube saat ini, tak sedikit kalangan masyarakat yang ingin meraup uang dan berprofesi menjadi seorang Youtuber. Namun, dibalik banyaknya kanal Youtube dan persaingan kontennya, agar bisa mendapatkan uang yang cukup dari platform tersebut tidaklah mudah. Oleh karena itu, kebanyakan orang hanya menjadikan Youtube sebagai wadah untuk berkreasi dan bukan sebagai ladang pekerjaan yang utama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *